Bagi pengguna python, penggunaan library menjadi hal mutlak. Python sendiri memeiliki banyak library gratis yang dikembangkan secara terbuka oleh berbagai pihak. Bahkan fungsi dan keunggulan library python ini bisa menyamai bahkan melebihi dari fitur-fitur dari perangkat lunak berbayar.

Tiap pengguna memiliki kebutuhan library-nya masing-masing. Untuk saya pribadi, saya mengunakan library sebabagi berikut:

  1. Numpy (NumPy adalah library untuk bahasa pemrograman Python untuk memenuhi kebutuhan penggunaan larik (array), multi dimensi dan matriks serta memiliki fungsi matematika tingkat tinggi. Numpy dibuat oleh Jim Hugunin dengan kontribusi dari beberapa pengembang lainnya.)
  2. Scipy (SciPy adalah library Python yang digunakan untuk komputasi ilmiah dan komputasi teknis. SciPy berisi modul untuk optimasi, aljabar linier, integrasi, interpolasi, fungsi khusus, pemrosesan FFT, sinyal dan gambar, pemecah masalah ODE dan tugas lainnya yang umum dilakukan dalam sains dan teknik.)
  3. Matplotlib (Matplotlib adalah library plotting untuk bahasa pemrograman Python. Matplotlib menyediakan fasilitas Application Program Interface (API) berorientasi objek untuk dapat disematkan ke aplikasi yang menggunakan perangkat Graphic User Interface (GUI)  seperti Tkinter, wxPython, Qt, atau GTK +. Matplotlib juga memiliki antarmuka (interface) ”pylab” prosedural berdasarkan mesin (seperti OpenGL), yang dirancang sangat mirip dengan MATLAB.)
  4. Pandas (Pandas adalah library yang ditulis untuk bahasa pemrograman Python untuk manipulasi dan analisis data. Secara khusus, pandas menawarkan struktur data dan operasi untuk memanipulasi tabel numerik dan deret waktu.)
  5. Obspy (ObsPy adalah proyek sumber terbuka (open source) yang didedikasikan untuk menyediakan kerangka kerja Python untuk memproses data seismologi. Obspy menyediakan format file yang umum, kemudahan
    pengguna untuk mengakses pusat data dan rutinitas pemrosesan sinyal seismologi yang memungkinkan manipulasi deret waktu seismologis. Tujuan proyek ObsPy adalah memfasilitasi pengembangan aplikasi seismologi dengan cepat.)
  6. The Jupyter Notebook. (The Jupyter Notebook App adalah aplikasi server-client yang dapat mengedit dan menjalankan dokumen notebook melalui web browser. Aplikasi  Jupyter Notebook dapat dijalankan di desktop lokal yang tidak memerlukan akses internet atau dapat diinstal di server dan diakses melalui internet. 

Silahkan share halaman post ini dengan rasa Semangat Berbagi Pengetahuan

Salam RifLab!

Seorang manusia yang ingin jadi orang yang bermanfaat yang dituangkan dalam RifLab.com. #father #bookwriter #programmer #farmer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *